sejarah persib bandung

SEJARAH PERSIB BANDUNG PERTAMA KALI LAHIR

sport

Adakah diantara kamu yang merupakan penggemar klub sepakbola tanah air? Pasti tidak asing lagi ya dengan Persib Bandung? Persib memiliki kepanjangan Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung. Tentu saja markas besarnya berada di kota Bandung. Persib adalah klub sepakbola Indonesia yang paling besar. Klub ini mendapat julukan Maung Bandung dan Pangeran biru. Sementara para penggemar Persib disapa dengan sebutan Bobotoh yang tersebar di wilayah Jawa barat dan Banten. Saat ini Persib Bandung juga mengikuti laga Liga 1 Indonesia. Agar lebih mengenal klub sepakbola Indonesia ini, silakan menyimak sejarah persib 1993 dan sejarah berdirinya Persib.

Sejarah Persib Bandung juga tidak kalah panjang. Klub ini resmi didirikan pada 14 Maret 1933. Namun sebelum resmi didirikan, awal mula Persib terbentuk karena adanya Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond. Organisasi ini berdiri pada tahun 1923. BIVB adalah sebuah organisasi yang diketuai Syamsudin. Kala itu, BIVB menggunakan lapangan Tegallega untuk tempat latihan para pemain. Organisasi inilah yang menjadi cikal akal berdirinya Sejarah Persib Bandung.

Setelah era pemerintah Hindia Belanda diganti dengan penjajahan Jepang, aktivitas BIVB berhenti. Namun setelah Indonesia merdeka, Persib melebarkan sayap dengan mengembangkan eksistensinya di berbagai daerah. Seperti misalnya di Tasikmalaya, Sumedang, hingga di Yogyakarta. Hal ini membuktikan, bahwa Persib mampu menjadi klub sepakbola Indonesia yang kuat.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1950, digelar kongres PSSI di Semarang dan Kompetisi Perserikatan Persib yang pada saat itu dihuni oleh Aang Witarsa, Amung, Andaratna, Ganda, Freddy Timisela, Sundawa, Toha, Leepel, Smith, Jahja, dan Wagiman hanya mampu menjadi runner up setelah kalah bersaing dengan klub bola Persebaya.


Pada tahun 50-an Aang Witarsa dan Anas menjadi pemain asal Persib pertama yang ditarik bergabung dengan tim nasional Indonesia untuk bermain di pentas Asian Games 1950.

Persib makin disegani. Pada Kompetisi 1961 tim kebanggaan “Kota Kembang” itu meraih juara untuk kedua kalinya setelah mengalahkan PSM Ujungpandang. Materi pemain Persib saat itu adalah Simon Hehanusa, Hermanus, Juju (kiper), Ishak Udin, Iljas Hadade, Rukma, Fatah Hidayat, Sunarto, Thio Him Tjhaiang, Ade Dana, Hengki Timisela, Wowo Sunaryo, Nazar, Omo Suratmo, Pietje Timisela, Suhendar, dll. Karena prestasinya itu, Persib ditunjuk mewakili PSSI di ajang kejuaraan sepakbola “Piala Aga Khan” di Pakistan pada 1962..

Setelah itu, prestasi Persib mengalami pasang surut. Prestasi terbaik Persib di Kompetisi perserikatan meraih posisi runner up pada 1966 setelah kalah dari PSM di Jakarta.

sejarah persib bandung

Apabila dilihat lebih jauh tentang Sejarah Persib Bandung, klub ini juga mengikuti berbagai pertandingan. Salah satu pertandingan yang tidak ketinggalan adalah Liga 1 Indonesia. Sejak dimulainya Sejarah Persib Bandung, klub ini mulai ikut kompetisi Liga 1 Indonesia sejak tahun 1994 hingga saat ini. Selama mengikuti kompetisi tersebut, Sejarah Persib Bandung mengalami pergantian pemain dan pengurus. Bahkan, saat Liga Indonesia pertama digelar, Persib Bandung sudah mampu menjadi juara pertama.

PERSIB Bandung selalu punya tempat istimewa di hati bolamania nasional. Kekaguman dan kecintaan mereka, para penggila sepak bola nasional, menyebar ke seantero negeri. Melewati batas wilayah Bandung dan Jawa Barat, tempat jagoan Bandung dibidani. Kemegahan sepak bolanya tidak mampu ditepis. Selalu memanggil dan menggali perhatian para pecandu sepak bola nasional untuk tidak sekejap pun melepaskan perhatiannya pada sosok Persib Bandung.

Tak peduli prestasinya tengah tenggelam, pesona Pangeran Biru julukan lain Persib Bandung– tetap membius bolamania nasional. Stadion SiliwangiBandung, markas keramatnya, tidak pernah sepi dari dendang riang penggilanya. Bobotoh setianya tetap saja tumplek dan menyatu di sana. Tidak sekalipun mereka pergi menjauh. Apalagi berpaling hati. Tetap setia mendampingi timnya mesti air mata terus mengucur.

Yang paling fenomenal Stadion Utama SenayanJakarta, selalu penuh oleh ribuan pendukung Persib dan bolamania nasional, jika jagoan Bandung menembus babak final Divisi Perserikatan dan Divisi Utama Liga Indonesia. Menjadi aset penyelenggara pertandingan yang paling menggiurkan adalah ikon yang tidak terbantahkan. Tidak terhapus oleh zaman.

Nah, itulah tadi sekilas tentang Sejarah Persib Bandung. Semoga Persib semakin maju dan dapat terus mengharumkan nama Bandung dan Indonesia di kancah Nasional maupun Internasional.

Baca Juga :  SEJARAH PERSIJA JAKARTA: MACAN KEMAYORAN